My Project

Apa yang dimaksud dengan keselamatan kerja?, secara personal saya mengartikan suatu usaha yang dilakukan secara sinergis antara karyawan beserta management dari suatu perusahaan atau project untuk scope yang lebih khusus guna memastikan semua aktifitas yang dilakukan aman, aman bagi keselamatan pekerja, aman bagi peralatan yang digunakan serta aman bagi lingkungan sekitar. saya katakan sinergis disini karena apabila salah satu dari elemen tersebut tidak mendukung baik karyawan maupun pihk managemnet maka usaha tersbut tidak akan optimal atau bahkan sia-sia.

Keluarga Menanti Anda Pulang Dengan Selamat. Slogan yang sering kita temui pada perusahaan-perusahaan yang menerapkan standard keselematan kerja, baik pada setiap meeting pagi atau dapat dibaca pada papan-papan pengumuman yang diletakan pada tempat-tempat strategis. Bagi perusahaan – perusahaan “berkelas” karyawan merupakan asset yang berharga, keselamatan mereka lebih diutamakan diatas segala galanya baik terhadap produksi atau pendapatan perusahaan atau asset perusahaan yang lain misal barang atau peralatan. Oleh karena itu pada setiap aktifitas yang dilakukan harus direncanakan terlebih dahulu dan apabila terdapat aktifitas yang kurang aman maka setiap orang yang menyaksikannya dapat atau berhak untuk memberhentikannya serta apabila sudah terjadi kejadian maka harus dilaporkan untuk dijadikan sebagai leason learn, sehingga diharapkan kejadian tersebut tidak terulang lagi.

Rencanakan Terlebih Dahulu. Sebagai tindakan positif untuk mencegah terjadinya kecelakaan adalah membiasakan diri untuk membuat perencanaan pada setiap aktifitas yang akan dikerjakan, sehingga diharapkan semua kemungkinan bahaya dapat kita identifikasi terlebih dahulu serta menyiapkan tindakan-tindakan perventif serta perlindungan. Pekerjaan ini biasa dikenal dengan task risk assesment. Dalam TRA ini kita diminta untuk menuangkan semua break down pekerjaan beserta urutannya dilengkapi dengan kemungkinan bahaya pada setiap pekerjaannya serta tindakan preventif yang diperlukan untuk menurunkan kemunkinan terjadinya bahaya tersebut.

Berhentikan jika tidak aman. Manuasia adalah tempatnya alpa dan lupa, walaupun sudah disiapkan perencanaan yang matang, tetap aja ada yang miss, sehingga diperlukan pihak atau orang lain untuk mengingatkan. Apabila kita menyaksikan keadaan bahaya bakal terjadi maka dengan sesegara mungkin kita memberi teguran agar pekerjaan tersebut dihentikan untuk kemudian dibicarakan lagi untuk melanjutkan pekerjaan tersebut dengan tingkat resikon yang lebih kecil.

Laporkan Untuk Jadi Pengalaman. Manusia hidup dibekali akal yang dapat digunakan untuk berpikir sehingga tidak terjerumus pada lubang yang sama, jadikan pengalaman sebagai pelajaran yang paling berharga untuk memperbaiki kehidupan kedepan, sehingga apabila terjadi suatu kecelakaan maka segera untuk dilaporkan untuk dijadikan pelajaran bagi yang lainnya.

Suasana kerja khususnya keselamatan kerja penerapannya akan terlihat berbeda apabila kita bekerjaan diperusahaan lokal dan perusahaan asing, satu hal yang selalu menjadi alasan mengapa perusahaan lokal tidak menerapkan peraturan keselamatan kerja seperti perusahaan asing adalah besarnya biaya investasi untuk safety ini. Pertanyaan berikutnya mengapa perusahaan asing bisa melakukan ini sementara perusahaan lokal tidak?, secara pribadi saya melihatnya adalah perbedaan paradigma antara keduanya tentang safety itu sendiri, bagi perusahaan lokal safety hanyalah kegiatan yang “kurang bermamfaat” sehingga investasi untuk hal ini hanya mengahambur-hamburkan uang.

Safety, hanya menghamburkan uang. Apa iya safety hanya menghamburkan uang?? lantas kenapa perusahaan asing rela melakukan ini, sebodoh itukah mereka? rasanya tidak demikian adanya. Seperti yang saya katakan sebelumnya bagi perusahaan berkelas keselamatan kerja adalah satu hal yang sangan berharga karena hal ini akan mempengaruhi penjualan saham perusahaan mereka, hak ini sisi yang menguntungkan bagi perusahaan selain dengan kerja dengan safety maka nyawa pekerja, peralatan, serta lingkungan sekitar menjadi aman dan dapat terus digunakan. Bandingkan dengan perusahaan yang tidak memperhatikan safety, berapa besar dana yang harus mereka keluarkan apabila terjadi satu kecelakaan, misal tower crane yang pernah jatuh pada pembanguan gedung dijakarta dll. Bagi sisi pekerja dengan besarnya perhatian safety mereka dapat pulang dengan aman bertemu keluarga serta dapat bekerja dengan baik lagi esok harinya dengan semangat yang lebih baru.

Semoga penerapan safety pada perusahaan lokal dapat terus diperketat, akan tetapi dibutuhkan study yang lebih detil guna meyakinkan mereka para manager perusahaan lokal bahwa safety sangat menguntungkan perusahaan dan juga karyawan, siapa yang berminat nih?

8 responses

30 08 2007
Arief Mustofa

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Salam kenal…Wah, blognya bermanfaat sekali niy…apalagi spt aku yg sgt pengen pindah haluan dr kontraktor sipil ke Oil n Gas Industri..Dr UGM 97? Kenal Setyo ga? Dia ten kerjaku skg…Boleh kita korespondensi by imel ya….Makasih…

1 11 2007
badaruddin

Pak Arief, Iya saya kenal teman seangkatan saya, komunikasi lewat email boleh juga.. btw Pak Arief ini bekerja dimana?

salam
badar

31 08 2008
fachrezakbar

apa kabar pak badar…
memang benar pak, soal safety harus diutamakan, saya setuju sekali dengan tulisan bapak…
btw, apa bapak juga bertugas di suramadu pak?
kebetulan saya tau koordinator safety nya, waktu berkunjung kesana…
oh ya, saya mahasiswa S1 sipil Brawijaya…

26 10 2008
Arfi

Assalamualaikum Wr Wb.
Salam Kenal Pak Badar…
Setuju banget ttg safety-nya pak, saya kerja di konsultan sipil dengan pekerjaan resiko tinggi, kadang perusahaan konsultan di daerah tidak mau peduli masalah safety di lapangan, peralatan safety personal maunya nebeng kontraktor melulu… apa memang begitu ya ???

16 07 2009
sigit

maaf nih saya, sigit prasodjo ikut nimbrung,

Masih banyak perusahaan kita yang enggan mengeluarkan biaya untuk masalah yang satu ini, baru setelah kejadian pada ribut semua.Kadang yang saya temui petugas safetynya kalah galak dengan pekerjanya, diperingatkan kita malah yang dipelototi bagaimana merubah kelakuan dan kebiasaan ini ?

22 12 2011
umar sangaji

Askum…Saya ingin mendapatkan Tutorial SAFE atau bukunya. Di mana mendapatkan pak..? Trims atas infonya. Wassalaamm..

17 10 2013
Irvan

Assalamualaikum
Pak bisakah saya mendapat step2 kalkulasi desain storage tank oil,.dengan API 650,.saya mahasiswa,.trimakasih

2 07 2014
Zulkarnaein

Salam Kenal,
BISMACINDO, bergerak di pengadaan & Pemasangan Penangkal Petir Elektrostatis (External Protection, Grounding system, Cadweld, Spark Gap, Cathodic) Supplier Kabel Elektrikal
Terimakasih
Zoel Mb-081584114769 zoelkarnaeinjoel@yahoo.com
Telp-021 74645307 – 8 Fax- 021 74645309

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: