Belajar Presentasi Dengan Dale Carnegie

9 02 2010

Awalnya saya sempat bingung juga saat membaca subject email dari HR tempat saya bekerja dimana saya terdaftar sebagai salah satu peserta yang akan mengkuti pelatihan “High Impact Presentation Skill (baca HIPS)” yang diselenggarakan oleh dale carnegie. Yang membuat saya bingung adalah subject email dimana ada embel-embel high impact serta dale carnegie karena memang belum pernah kenal, kalau kata pepatah “tak kenal maka tak sayang”.

Training ini dilakukan selama dua hari, sayangnya saya hanya sempat mengikuti training hari pertama karena ada business lain dibatam, sehingga hari berikutnya saya harus terbang ke batam . Akan tetapi dari training yang sehari ini, saya mendapatkan banyak mamfaat untuk perbaikan presentasi saya kedepannya. Tulisan ini saya maksudkan untuk sharing pengalaman khususnya teman-teman engineer yang seperti saya dimana sangat minim pengetahuan skill presentation pada hal itu penting.

Kenapa saya katakan penting, mencuplik isi materi pembukaan pak Paul Siregar selaku trainer dari dale carnegie bahwa hasil riset beberapa majalah internasional dari beberapa tahun pengambilan sample didapatkan satu kesimpulan bahwa sampai dengan saat ini comunication skill masih menduduki peringkat pertama penunjang keberhasilan karier seseorang.

Pembukaan presentasi pak paul dengan mengungkapkan fakta ini, membuat saya dan peserta lain juga tentunya makin bersemangat untuk mengetahui lebih jauh tetang apasih pesan yang akan disampaikan dari training HIPS ini dan apa hubungannya dengan comunication skill.

Ternyata salah satu bagian dari comunication skill adalah presentasi. dan pada training HIPS ini kita diajarkan bagaimana membuat bahan presentasi yang baik serta bagaimana kita mempresentasikannya sebab dengan presentasi yang baik, ide-ide kreatif dan inspirati dari kita sebagai engineer bisa dengan lebih mudah tersampaikan dan dipahami oleh orang lain, kenapa bisa begitu pak?

kerana presentasi yang baik telebih dahulu mendefinisikan siapa auidinece (our boss, orang awam, mitra kerja kita etc) serta mendefinisikan object dari presentasi kita. dari sini barulah kita menyusun kerangka dari presentasi tersebut yang diawali dengan opening remaks dan diakhiri dengan closing remarks dan dari training ternyata ada banyak type opening serta closing remarks yang bisa kita gunakan untuk meningkatkan mutu dari presentasi kita. Dan yang lebih penting lagi saat menyampaikan kita harus terlihat percaya diri, smart dll.

saya ucapkan thanks buat pak Paul dan team, serta thanks atas bukunya.


Aksi

Information

7 responses

12 02 2010
bs

hehehe hidup lagi nih blognya pak Badar…. sepertinya semangat menulisnya sudah hidup lagi hehehehe

salam
bs

8 03 2011
Karev Marpaung

Slmt siang pak, saya sangat tertarik untuk dapat mengikuti pelatuhan HIPS yg bapak sampaikan, apakah bapak bisa memberikan informasi ttg bagaimana spy sy bisa mengikuti pelatihan tsb, terima kasih banyak.

29 04 2013
Randy

What a material of un-ambiguity and preserveness
of valuable experience about unpredicted feelings.

14 05 2013
Www.Youthempowerment.us

In case your kid snores nightly, get a second as
well as third doctor’s evaluation, and be really informative in the snoring habits, since if they snore each evening, your kid may only need an all all-natural anti snoring remedy, not ADHD medications.

3 06 2013
viagra

Hi all, here every one is sharing these kinds of knowledge, thus it’s nice to read this blog, and I used to visit this blog daily.

28 09 2014
Venus

continuously i used to read smaller content that as well clear their motive, and
that is also happening with this piece of writing which I am reading here.

29 10 2014
colmac-energy.com

It’s great that you are getting thoughts from this
piece of writing as well as from our argument made
here.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: