RE-MOVEABLE PONDASI COMPRESSOR ENGINE PACKAGE MENGGUNAKAN SEGMENTAL PRE-STRESSED CONCRETE PAD

14 10 2008

Proyek ini telah beberapa bulan selesai, yaitu pemasangan well head compressor yang bertujuan untuk menaikan tekanan gas dari sumur agar dapat dikirim ke stasiun pengumpulan. Package compressor ini dipasang pada sumur-sumur gas yang sudah tua sehingga konsep dasarnya pemasangan package compressor ini bersifat temporary dalam kurum waktu hitungan bulan.

 

Mengingat pemasangannya yang bersifat sementara, maka fasilitas – fasilitas penunjangnya harus dibuat flexible, termasuk didalamnya adalah pondasi dudukan package compressor tersebut sehingga mudah untuk dipindahkan ke sumur gas yang lain tanpa harus membuat baru lagi dan dalam waktu yang lebih singkat (kan lucu, jika fase constructionya bisa lebih lama dari fase operation).

 

Awalnya saya ragu, apakah kami bisa merencanakan pondasi seperti requirements diatas (dapat dipindahkan), mengingat selama ini rule of thumb dari perencanaan pondasi mesin adalah berat pondasi minimal 2.5 kali terhadap berat mesin + compressor. Sementara informasi yang kami dapatkan dari manufacture package compressor bahwa berat compressor package kisaran 25 ton, artinya berat pondasi minimal 62.5 ton.

 

Langkah pertama yang kami lakukan adalah meminta perhitungan berat dari masing-masing component compressor package pada manufacturer, sehingga dari data tersebut diketahui bahwa berat engine + compressor tidak lebih dari 5 ton, selebihnya adalah berat skid beserta accessories dari compressor package tersebut. Selain itu kami juga meminta loading data dari compressor package dimana diketahui nilai excitation force akibat unbalance mass tidak lebih dari 10 kg per titik anchor bolt.

 

Hal ini menunujukan bahwa, excitation force akibat unbalance force dari engine dan compressor didesign sudah dapat ditahan oleh skidnya sendiri, sehingga pondasi dibutuhkan hanya untuk menahan beban gravitas dari package compressor tersebut agar tidak terjadi penurunan yang belebihan serta penurunan yang tidak mereta, juga pengechekan terhadap daya dukung tanah ijin.

 

Untuk tujuan dari pondasi yang kami sebutkan diatas, akhirnya kami memutuskan menggunakan pre-stressed concrete pad (panjang 2 meter, lebar 1 meter, tebal 15 cm) yang disusun dengan rapih diatas lapisan pasir batu (sirtu) yang telah dipadatkan setebal 20 cm dan diberi curb disekelilinya agar sirtu tersebut dapat saling interlocking.

 

Untuk perhitungan pre-stressed concrete pad dilakukan oleh vendor supplier-nya dengan dimodelkan menggunakan software berbasis finite element serta lapisan sirtu tersebut dihitung kekakuannya untuk dimodelkan sebagai spring yang menopang concrete pad tersebut. Dari data hasil analisis tersebut dapat diketahui nilai gaya geser, gaya axial serta momen yang harus ditahan oleh concrete pad tersebut untuk selanjutnya digunakan untuk mendesign kebutuhan jumlah strand dari pre-stressed concrete pad tersebut.

 

Sisi lain yang juga harus dicheck saat mendesign pre-stressed concrete pad adalah, momen serta gaya yang timbul saat concrete pad tersebut diangkat untuk dipindahkan dari satu tempat ketempat lain termasuk mendesign letak titik angkat beserta detil dari titik angkat tersebut.

 

Alhamdulillah saat ini compressor package tersebut sekarang telah running dengan baik, dan hanya butuh waktu kurang dari 10 hari untuk memindahkannya termasuk pondasinya dan memasang kembali unit tersebut.


Aksi

Information

2 responses

14 07 2009
Sani

Bukunya Heteny bisa menjadi acuan..Beam on elastic foundation..

regard,

23 04 2010
frengkozz

oh ya mas….kalo untung perhitungan perancangan pondasi dengan mengunakan ms. exel langkah-langkahnya gimana???mohon dibalas…!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: