APPRAISAL EXISTING GUY-TOWER STRUCTURE

26 08 2008

Sebulan terakhir salah satu kegiatan yang cukup menyita waktu adalah melakukan Appraisal existing guy-tower structure. Appraisal itu apa pak? Kalau kita check dikamus inggris Indonesia, maka appraisal diartikan penaksiran, sejatinya appraisal yang dimaksud pada tulisan ini adalah melukukan assessment guna mengetahui integritas struktur tersebut.

Sebenarnya buat saya pekerjaan ini tergolong baru, karena selama ini saya lebih banyak mendesign serta menconstruct project bukan appraisal, sehingga disini saya akan mengutipkan salah satu tulisan yang saya dapatkan dari kawan yang memang sering terlibat dalam pekerjaan ini (mas Dwi, ijin mempublikasikan sebagian tulisan anda ya, hitung-hitung amal).

Bagaimana metode dalam melakukan appraisal; yang pertama kali dilakukan adalah mengumpulkan semua data yang berkaitan dengan structure yang akan diappraisal berupa asbuilt drawing serta calculation sheet. Langkah berikutnya adalah melakukan qualitative assessment berupa visual inspection serta NDE jika dibutuhkan, kemudian dilanjutkan dengan quantitative assessment dan dilanjutkan dengan re-structure analysis hail akhirnya berupa kesimpulan serta rekomendasi.

Sama halnya dengan metode apparaisal yang telah saya tulisakan sebelumnya, data-data perencanaan serta construction dari existing guy-tower ini kami peroleh dari owner, selanjutkan kami melakukan qualitative dan quantitative assessment. Disebabkan karena lokasi-nya yang diluar Jakarta sehingga saya tidak ikut dalam tahapan ini dan tidak bisa cerita banyak pada tahapan ini yang jelas hasil yang diperoleh dari tahapan ini berupa; 1. foto-foto existing structure, re-asbuild structure setelah terdeformasi selama masa layan, 3. pengukuran ketebalan element setructure, serta pengurangan ketebalan structure akibat corrosion, 4. pengecekan kualitas pengelasan dan kondisinya saat ini.

Dari data-data tersebut, selanjutnya kami melakukan pengecekan geometry structure, apakah structure ini direncanakan sesuai code atau tidak, hasilnya structure guy-tower ini masih sesuai code. Code yang digunakan untuk pengecekan structure ini adalah ANSI/TIA-G-222-2005 “Structural Standard for Suppporting Structure & Antenna”, serta dari data tersebut diatas diketahui bahwa structure telah terdefleksi lebih dari yang disyaratkan, sehingga diperlukan re-analysis structure guna mengetahui apakah structure masih layak digunakan atau tidak dengan mempertibangkan kondisinya saat ini dan beban layan yang harus diterima.

Pada pekerjaan re-analisis structure, beberapa hal yang membuat saya bingung dan akhirnya harus belajar lagi guna menyelesaikannya adalah :

  1. Memodelkan structure yang telah terdefomasi sehingga bisa sama dengan existing, kalau memodelakan structure guy-tower biasa mudah saja sebab pada beberapa software analisis structure sudah tersedia template untuk ini, akan tetapi setelah terdeformasi tentunya sedikit beda sebab tidak bisa degenerate karena bentuknya yang sudah terdeformasi.
  2. Karena guy-tower, maka ada perlakuan khusus pada element cablenya sebab canble adalah element yang memiliki sifat khusus yaitu hanya mampu menahan gaya aksial serta analysisnya harus non-linear.

Saat ini saya sudah meresa lega, karena sudah dapat menyelesaikan dua hal diatas dengan segala trik, sehingga saya bisa mendapatkan sebuah kesimpulan dan rekomendasi terhadap structure tersebut.

Kedepan sudah ada beberapa struktur bangunan yang dilengkapi dengan over head crane yang akan disertifikasi, guna sertifikasi tersebut maka perlu dilakukan appraisal terlebih dahulu untuk mengetahui kapasitas dari keseluruhan struktur tersebut terhadap equipped load. Yang khas dalam appraisal struktur over head crane ini adalah pembatasan lendutan yang lebih kecil disbanding struktur lainnya, semoga saya bisa buat cerita lagi mengenai appraisal structure over head crane merefer pada “AISC ASD-89 steel design guide series 7”.


Aksi

Information

4 responses

16 09 2008
Belly

Badarrrrrrrrrrr….

Apa kabar?
Apa kabar temen2 yang lain?
Lily,pia,adil,anton, dll……

salam buat semua

17 09 2008
badaruddin

Alhamdulillah baik bel… lily kantornya sebelahan gedung sama saya dijakarta, pia juga dijakarta , saya ketemu pas acara nikahannya bulan april lalu.

Sebulan lalu saya ketemu sama anton, LM rahmat, faisal dan boge.. adil sekarang kerja dibalikpapan.

Btw apakabar sekarang bel? stay dan kerja dimana sekarang?

salam
badar

17 09 2008
Belly

Alhamdulillah baek…
Sudah 2 tahun di Qatar, kerja di RasGas.

Badar sekarang kerja dimana?
Boleh minta alamat e-mail mereka gak? sekalian alamat e-mail Badar juga yah..?

Thanks Bro,

17 09 2008
badaruddin

Sekarang saya kerja Vico Indonesia..

Alamat email teman-teman, sudah saya kirim ke email belly @ yahoo

Gimana suasana kerja di RasGAS, beberapa kawan saya di Vico pada pindah kesana, coz ditawarin salary lebih?

salam
badar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: