PROYEK “UNIVERSITAS GRATIS”

9 04 2008

Mungkin tidak semua pesan yang termuat dari tulisan ini dialami oleh semua civil engineer yang bekerja di proyek (kalau bekerja di perbankan so pasti beda dong), tetapi lebih kepada pengalaman saya pribadi yang telah bekerja sebagai civil engineer diproyek selama kurang lebih 6 tahun (karir saya di dunia civil engineer dimulai sejak 2001).

 

Banyak hikmah dan pelajaran yang bisa kita dapatkan dalam satu sesi pelaksanaan proyek, sesi satu proyek dimulai dari tahap engineering, lelang hingga construction dan berakhir dengan commissioning. karena proyek merupakan laboratorium yang cukup luas untuk melakukan praktikum guna mengobati rasa penasaran kita tentang berbagai hal sehingga wajar jika sebagian senior civil engineer berujar “proyek itu universitas tempat belajar yang dibayar”. Mana ada universitas didunia ini bisa belajar terus diberi duit, kecuali yang dapat beasiswa lho ya..

 

Di Universitas kan ada dosen yang mengajar, ada perpustakaan dengan berbagai jenis literature, di proyek kan hal ini tidak ditemukan pak…

 

Eit, jangan salah ya, diproyek itu banyak senior engineer yang telah berpengalaman puluhan tahun untuk berbagai jenis pekerjaan proyek yang dapat menjadi guru kita tentunya tergantung bagaimana pendekatan kita pada mereka, karena tidak semua mereka mau mengajari kita karena ilmu yang mereka punya merupakan hasil pencarian puluhan tahun. Kalau mengenai referensi pada perusahaan – perusahaan engineering consultant atau kontraktor atau yang berperan keduanya yang kita kenal dengan sebutak EPC (engineering procurement and construction company) memiliki perpusatakaan khusus dilengkapi dengan buku-buku terbaru termasuk standard/code (di universitas belum tentu ada lho standard ter-update seperti AISC, ACI dll) disamping juga bisa kita temukan contoh-contoh perhitungan untuk berbagai jenis structur pada proyek-proyek terdahulu, sehingga sangat membantu para fresh graduate dalam melakukan tugasnya, kira-kira semacam data base tugas akhir atau laporan KP yang dapat kita jadikan referensi saat kita menyusun TA atau KP pas kuliah dulu. Selain itu kita juga menemukan berbagai jenis catalog material langsung dari vendor yang memproduct material tersebut.

 

Trus laboratoriumnya dimana? Di universitaskan ada laboratorium…

 

Laboratorium buat praktek apa dulu nih, kalau lab buat test beton, test tarik baja biasanya jarang ada, karena hal ini bisa dilakukan dengan meminta  bantuan lembaga independent termasuk universitas.

 

Lab yang ada diproject apa dong, katanya laboratorium yang luas??….

 

Lab-nya ya proyek itu sendiri, diproyek anda dapat mempraktekan semua pengetahuan yang telah didapatkan selama dibangku kuliah guna mengoptimalisasi dan efisiensi pekerjaan proyek.bagi yang kebetulan bekerja sebagai civil engineer dapat melakukan perhitungan struktur untuk berbagai kemungkinan type struktur yang dapat diaplikasikan dan bagi yang lulusan civil engineer yang kebetulan berprofesi sebagai project control dapat bereksperiment tentang project management. Trus parameter ukurnya apa? Terdapat 5 parameter ukur yang dapat digunakan dimana hal ini merupakan goal dari suatu proyek meliputi :

  1. Proyek harus tepat waktu.
  2. Biaya yang dikeluarkan seoptimal mungkin sehingga sesuai dengan anggaran yang telah direncanakan.
  3. Kualitas hasil pekerjaan sesuai dengan standard yang telah disyaratkan.
  4. Pekerjaan dilakukan denga aman tanpa kecelakaan, serta bewawasan lingkungan.
  5. Pekerjaan proyek diikuti dengan system administra dan pelaporan yang baik.

Sekarang sudah terbayangkan beberapa point berkenaan dengan judul dari tulisan ini, semoga bisa memberikan motivasi baru buat para mahasiswa teknik sipil guna serius dalam menuntut ilmu, karena setelah lulus “laboratorium serta unversitas” yang lebih luas menunggu karya-karya anda.


Aksi

Information

2 responses

11 04 2008
dimas

assalamualaikum pak badar

setuju apa yang dikatakan bapak…tapi kenapa kebanyakan senior2 kita yang telah puluhan tahun keliatan pelit bagi- bagi ilmu ya pak?
hehehe saya telah 2 tahun bekerja di perusahaan kontraktor, memang sih ada beberapa insinyur2 berpengalaman yang mau memberikan “sedikit” ilmunya pda saya, tapi tidak jarang banyak yang “pelit”. bukan kah ilmu yang baik adalah pahala sepanjang waktu apabila yang diajarkan menerapkan ilmu itu tersebut.
mudah2an hal tersebut bisa membuka mata hati kita u/ saling berbagi ilmu demi kebaikan bersama

wassalammualaikum.wr.wb.

15 04 2008
badaruddin

“senior pelit-pelit bagi ilmu”, iya harap dimaklumi, mereka nyarinya juga susah.. jadi anda tetap harus sabar guna mendapatkannya…

badaruddin
from changi airport

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: