System Konstruksi Pondasi Rig

10 07 2007

Rig adalah peralatan yang mesti kita temukan pada setiap perusahaan oil & gas (Kontraktor production sharing), alat ini di gunakan untuk melakukan pengeboran guna memperoleh minyak dan gas, dimana titik pengeboran ini selanjutnya disebut well. Gas dan minyak yang diproduksi dari well ini selanjutnya disalurkan pada pabrik untuk dikelola lebih lanjut.

oilfield-pictures-052.jpg

Konstruksi Rig, Berupa space frame yang terbuat dari baja dilengkapi dengan tower yang meyerupai menara yang berfusi sebagai fasilitas untuk memasang tubing atau casing saat pengeboran. tower ini bertumpu pada platform dengan elevasi tertentu dimana diatas platform ini terdapat banyak fasilitas termasuk tempat peristirahatan, karena pada platform ini proses pengeboran dilakukan serta dimonitor.

Platform ini bertumpu pada bantalan baja yang disebut dengan subbase structure yang terbuat dari plat-plat baja, sub base structure ini lah yang berfunsi mentransfer beban ke pondasi atau tanah. Struktur dari sub base ini dirancang kaku sehingga mampu menyalurkan semua beban diatasnya.

n-229-15-11-06-am.jpg

Total load saat opersai dari konstrusi rig berkisar 100 ton, mengingat konstruksinya yang cukup berat maka pondasi yang digunakan adalah pondasi tiang pancang. Disisi lain, Rig merupakan konstruksi yang bersifat portable dimana setelah melakukan pengeboran disatu lokasi maka rig akan dipindah kelokasi lain untuk melakukan pengeboran berikutnya. Karena sifatnya yang portable ini maka connection antara kepala pile sebagai pondasi terhadap sub base structure sebagai pile cap atau poor menjadi spesial.

Apa yang spesial?, design connection dari kepala pile terhadap sub base structure selaku pile cap dirancang sebagai roll dimana reaction loadnya hanya berupa vertical reaction. Pile hanya dirancang menahan beban vertikal.

cimg0263.jpg

Lho, trus gimana dengan gaya horisontal akibat angin atau gempa? mengingat bobot mati dari structure yang mencapai 1000 ton lebih maka, dari hasil analisis struktur diperoleh bahwa tidak ada beban tarik pada pile akibat haya horisontal akibat angin pada struktur Rig. Analisis struktur dilakukan menggunakan bantuan sofware Staad pro 2004.

Dalam satu kesempatan beberapa bulan berlalu, ada mahasiswa magang sekaligus tugas akhir dari Universitas Brawijaya Malang, melakukan study untuk membandingkan serta menemukan engineering jugment untuk penggantian tiang pancang baja yang selama ini digunakan pada perusahaan tempat saya bekerja dengan PC spun pile, dengan pertimbangn yang diperhatikan adalah :

1. Kemudahan pekerjaan : tiang pancang baja lebih mudah dilaksanakan dari tiang pancang beton.

2. Cost : cost yang dikeluarkan lebih hemat jika menggunakan tiang pancang beton dari pada tiang pancang baja.

Terimakasih buat titik wijayanti yang sudah melakukan studi ini, cepat lulus dan bisa memulai kasir di dunia teknik sipil


Aksi

Information

14 responses

5 09 2007
bagus septivianto

pengen tau tantang materi pondasi dalam bidang bangunan pertanian

7 11 2007
badaruddin

Pak Bagus, Kalo boleh tahu apa yang anda maksud dengan bangunan pertanian? apakah sama dengan bagunan aliran irigasi atau yang semisal?

salam
badar

2 03 2008
desmi

Mas Badar,

saya minta informasi cara menghitung/biaya yang dibutuhkan untuk rigs per ton nya berapa,atau berapa biaya per ton? perlu anda ketahui, saya awam di bidang tehnikšŸ˜¦
atau untuk sekarang ini pasaranya berapa, mungkin sudah komplit dengan semua biaya, tercakup pekerja, dll,

mohon dapat di email ke saya

terima kasih,

desmi

3 03 2008
badaruddin

Pak Desmi,

Saya belum paham dengan pertanyaan anda, yang anda maksudkan biaya apanya? apakah biaya pondasi dari Rig?

Kalau biaya pondasi dari Rig tentunya berbeda-berbeda tergantung dari data tanah, karena hal ini berkaitan dengan kebutuhan material serta lama pekrejaan. Karena dua hal ini yang sangat mempengaruhi variable pada perhitungan satuan biaya pekerjaan pemancangan.

salam
badar

12 06 2008
Rachmat

Yth pa badar,
Pondasi rig yg dipakai di tempat saya menggunakan cycloop dr buis beton sedalam 3m diisi sirtu kemudian diatasnya pile cap yg diikat dg balok dan dibuat plat beton setebal 20cm. sementara dibawah plat beton hampar sirtu padat. Yg ingin saya tanyakan adakah sistim konstruksi lain yg dari segi biaya lebih murah dan waktu pembuatannya bisa lebih cepat? Terimakasih.

13 06 2008
badaruddin

Pak Rachmat,

Sampai saat ini kami baru menggunakan pondasi pile sebagai pondasi rig dengan pertimbangan kecepatan dalam menyiapkan pondasi ini, semenbtara dari segi harga tentunya relatif lebih mahal..

Bebarapa saat yang lalu saya mencoba untuk mngusulkan pondasi dari modified footing + pedestal dengan asumsi pondasi tersebut bisa digunakan secara berulang dan lebih praktis dalam pemasangannya, akan tetapi sama kawan-kawan dilapangan masih dianggap kurang praktis dari segi pemasangan, saya maklum saja sebab seseorang jika sudah sering dan cocok pada suatu metode susah untuk berpindah kelain waktu.

Tapi apa yang anda lakukan sekarang cukup menarik buat saya untk mempelajarinya lebih jauh, siapa tahu bisa diaplikasikan ditempat saya dengan biaya yang lebih murah dan dengan pelaksanaan yang lebih cepat..

salam & thanks
badar

5 08 2008
fadlan

ass..bp, kita tau ada banyak macam rig offshore, dr fixed platform sampe SPAR platform, mohon bantuan ..saya sedang nyusun semacam petunjuk teknis mengenai platform tersebut, dimana saya bisa dapatkan data asbuilt n boq nya…makasih..

10 10 2008
Adhe

Assalamu’alaikum Pa Badar,
salam kenal nama saya adhe (Ahmad Yazid) Mahasiswa tingkat akhir Universitas Lampung (UNILA) jurusan Teknik Sipil. Asal saya dari Jakarta, Bulan Desember Insya Allah sy wisuda,Ga sengaja lagi nyari” artikel eh ketemu tulisan Bp. Lumayan Pa bs nambah pengetahuan saya. Selama ini saya bantu” kerjaan dosen saya, bertemu dg clientnya dari Jepang, India, Singapore, dan dari Indonesia (PGN) yang lagi mengerjakan proyek Gas di daerah Lampung. Saya jadi tertarik untuk kerja dbidang ini, kl ada lowongan boleh sy ikt pa? nmr tlp sy 0856-9727-9768
Terima Kasih

13 10 2008
badaruddin

Alaikumsalam Adhe,

Salam kenal juga, insyaAllah kedepannya saya akan upload lowongan2 pekerjaan tentang civil engineer, semoga bisa membantu teman-teman fresh graduate..

salam
badar

18 10 2008
nocturno

artikelnya bagus bgt.tolong bagi-bagi info dunk ttg pondasi ato hal2 yang berbau ttg perkembangan teknik bangunan..
ju2r gw masih awam c soal ni cz msh kul n ni msh smstr 7..
ni alamat email gw buat yang mw berbagi info..
trma ksh sblm nya…
gw tgu beritanya ya…
ma kasih…

20 03 2009
chandra

mau nanya prinsip pondasi PC-spun pile apa sih..

15 04 2009
sigit

Yth.Pak Badar dan teman – teman lainnya
Wah ini info bagus kita bisa tambah ilmu, tetapi kadang-kadang kita nggak tahu
web site ataupun blog dari teman-teman sehingga harus sering coba-coba nyari, ada nggak ya forum resmi /1/2 resmi untuk mempermudah saya dan teman-teman lainnya tentang keberadaan blog/web site dari teman-teman kita.

Salam
Sigit Prasodjo

10 06 2009
yudo

yth Bp Badar,

Saya seorang arsitek yang saat ini mendapat tugas pengawasan terhadap sebuah bangunan yg menggunakan tiang pancang. Karena basic saya arsitek maka pengetahuan saya tentang tiang pancang tentunya sangat kurang, hanya sekedar tahu luarnya saja. Karena itu saya mohon Bapak bisa memberikan point-point penting yang bisa saya gunakan dalam pekerjaan saya.

Terima kasih….

6 06 2012
prize rebel

Next time I read a blog, Hopefully it does not disappoint me just
as much as this one. I mean, I know it was my choice
to read through, but I truly thought you’d have something interesting to say. All I hear is a bunch of complaining about something you can fix if you weren’t too busy seeking attention.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: