Kemudahan Software SAFE untuk merencanakan Pondasi Footing

29 06 2007

Proses perencanaan struktur merupakan proses panjang serta melelahkan, akan tetapi memberikan perasaan puas bagi siperencana setelah perencanaan tersebut selesai. Mengapa proses perencaan struktur menjadi panjang serta melelahkan?, karena untuk mendapatkan hasil perancangan yang efisien atau optimal harus dilakukan secara berulang-ulang atau sering kita kenal dengan proses trial & error.

 gamabar1.jpg

Hasil yang efisien atau optimal yang dimaksud disini meliputi optimal dalam hal penggunaan biaya serta kemudahan dalam pelaksanaan sehingga waktu yang dibutuhkan saat proses konstruksi menjadi lebih pendek.

Merancang pondasi footing akan sering kita temukan saat kita terlibat pada project pembangunan pabrik, ware house, work shop serta bangunan gedung bertingkat sedikit (baca, 2 s/d 4 lantai). Bagian-bagian yang ditinjau pada merancang pondasi footing meliputi perencanaan lebar footing, perencanaan penulangan lentur footing, perencanaan efek punch kaitannya dengan ketebalan minimum footing.

gamabar2.jpg

Bagian – bagian yang telah sebutkan diatas dapat dirancang atau dicheck dengan mudah dan cepat menggunakan program SAFE, yang mana software ini adalah software keluaran CSI Berkley yang berbasis fininte element. Hasil yang diperoleh dari perancangan mengguanakan software safe ini cukup memuaskan setelah saya bandingkan dengan perhitungan manual pada kasus project yang pernah saya tangani.

gamabar3.jpg

Dan yang lebih menggebirakan lagi durasi waktu yang diperlukan untuk merancangnya juga lebih pendek, patut di coba bagi anda-anda yang berprofesi sebagi structure & civil engineer.


Aksi

Information

30 responses

12 07 2007
ary

Wah ada yang mulai kaya pak wir..nih

Kalo pilih pile sebagai apa mas? sebagai column bawah?
Mohon dilengkapi dengan Tutorial😀

Pernah nggak bandingin dengan staad foundation?

12 07 2007
badaruddin

iya, sekedar mengisi waktu di waktu senggang proyek mas.. hitung-hitung nyari teman lewat diskusi…

kalau staad foundation belum pernah coba….

24 07 2007
sri

perencanaan pondasi

9 08 2007
haris

pak boleh dong artikel2nya tentang perencanaan pondasi kalo ada

22 09 2007
Artana

Salam Mas Badar
Saya juga ingin tahu tentang SAFE tapi saya belum pernah menggunakannya karena saya tidak punya softwarenya, adakah yang versi student? dimana saya bisa dapatkan?
saya cari-cari tidak pernah dapat di Bali (*of the record : versi oprekannya). Kalau mas Badar ada dan boleh disharing ke saya , terimakasih banget.!!! (please!!!)
Kirim aja ke alamat email saya atau dikirim lewat CD ke alamat : Perum Padma Indah No. F3 Jl. Padma Denpasar 80115

Terimakasih Sekali lagi Mas!

6 10 2007
Mr. Zerakh

Salam sukses !,
Kalo perlu info software untuk teknik sipil atau lainnya
silahkan mampir ke “rumah” saya di jagad maya.
Sukses selalu buat anda.

Salam

Mr. Zerakh
—————————————————
http://www.info-software-center.blogspot.com

11 10 2007
badaruddin

Oke terimakasih mas Zerakh

salam
badar

22 10 2007
suyono nt.

allo mas Badar, ikut nimbrung nih.
sdr. Antana, dulu thn.2000 saya pernah download SAFE yg versi educational bukan student lewat http://ftp.csiberkeley.com/pubdocs ukuran filenya sekitar12mb. tapi node max 30, jadi kalo untuk analisa+desain saya pikir kurang segitu (4x4mesh?), waktu itu saya cuman buat pelajari aja latar belakang teory dasarnya trus bandingkan dgn SAP,match untuk design moment.(mau coba sendiri ntar ada waktu saya upload SAFE Ed di box.net)
Pile foundation, untuk merencanakan pilecap itu sendiri atau meninjau kontribusi kekakuan pondasi terhadap struktur portal atasnya? kalo untuk design pilecap kekakuan pile dapat dimodelkan dgn column below atau input manual, namun untuk kekauan rotasi perlu ada koreksi (judgment) sendiri karena pelenturan pile tertahan tanah.yah dari berbagai model tinjauan ambil yg worst condition aja.
ok tu dulu, salam semua.

26 10 2007
Artana

Terimakasih Mr. Zerakh dan Bp. Suyono atas info dan tanggapannya,
saya tunggu uploadnya !

23 11 2007
sulis

Assalamualaikum.
Salam jumpa di dunia maya.
Hampir 6 th ya kita gak ketemu lagi. Sepertinya aku harus berguru lagi ke kamu Din, kayak waktu kuliah dulu. Aku baru saja pindah ke gas company, hal yang baru bagiku.
You have great experiences, two thumbs up for you.
Btw selamat ya sudah punya momongan !
Salam.
Sulis.

23 11 2007
badaruddin

Alaikumsalam warahmatullahi wabarakatu,
Masih seperti yang dulu lis, berurusan dengan calculation sheet serta project managemnet, sejak lulus berkutat dengan proyek terus.. btw piye kabarmu?

24 11 2007
sulis08@yahoo.com

Alhamdulillah, kabar baik.
Sama aku juga di proyek terus, tapi di pelaksanaan konstruksiya.
Baru sekarang ini di perencanaan.
kapan-kapan ketemu di jakarta ya!

26 02 2008
25 04 2008
Ridho

Ass,
Mas Badar,saya baru kerja di gas project,saya juga baru lulus kuliah&ternyata ilmu saya masih “cetek”,thanks atas pencerahannya😉
Wass

8 08 2008
KRis

Trims buat situsnya yg berguna !

Pak, kalau tidak keberatan sih, thread yg berhubungan dengan software seperti gini dibarengi dengan input programnya.

(Banyak sekali di forum2 orang bertanya kenapa output program seperti ini/seperti itu, padahal kalau bekerja dgn software harus ingat “Masuk salah Keluar Salah / GIGO.)

Dalam hal ini, keren juga kalau bapak attach input programnya.

Sukses selalu !
Terus bagikan ilmu buat kita2, PAk !

8 02 2009
yuda nubie

P. Badarudin atau rekan engineer lainnya..

Kira2 punya full versionnya ga untuk SAFE..
karena saya ingin menghitung pelat datar dg node > dari 30…
Tolong jika ada share ya linknya..

Makasih…

5 01 2010
yoyo

Sebenarnya saya ingin sekali mencoba software tersebut….namun karna kesibukan saat ini yang banyak menyita waktu saya, maka lain kali akan saya coba utak atik . Thanks buat sesama Architec….n berjaya dan berkreasi buat kemajuan dunia arsitek di Tanah Air..Salam sejahtera dan Sukses selalu.

6 01 2010
beno

tutorialnya dong pak..
soalnya aq baru mulai belajar nih..
thx ,,,

22 01 2010
Albert Simbolon

Paling enak untuk pondasi menggunakan IAFES soalnya kita bisa memperoleh kapasitas pondasi berdasarkan data yang kira masukkan, bisa juga auto design, gambar designnya bisa langsung dibuat dalam format cad, ada bill quantitynya, selain itu ada juga rumus umum untuk menghitung pondasinya seperti pressure, stability, punching shear one and two way shear, pemakaiannya juga gampang, saya belajarnya hanya 1 hari aja, saya dulu pakai safe, tetapi sekarang kebanyakan proyek dibuat ke IAFES semua, coba saja.

26 04 2010
Jono

ada yang crack ndak iafesnya???

17 07 2010
sudar97

Pa Baddaruddin,
boleh berbagi file contoh design pondasi footing -nya, untuk di pelajari cara memberi inputannya ke program.

13 05 2011
agus

Maaf pak perkenalkan saya agus, pendatang baru, mau minta download software safe untukpondasi ada yang bisa bantu? mohon iranya kirim link ke email saya di : trisrg@yahoo.com

Terimakasih atas bantuanya.

Salam
Agus,

4 10 2011
softwarefondasi

ada software untuk menghitung kapasitas dukung fondasi tiang dan fondasi bor disini

17 01 2014
rafly

gmna downloadnya aplikasi ni??

17 01 2014
rafly

boleh bagi aplikasi buat perhitungannya ga???

17 01 2014
rafly

boleh bagi aplikasi safe nggak… buat download…
di kirim ya linknya ke e-mail saya raflyraddai22@gmail.com

terimakasih

25 09 2014
Rais Amarulloh

Salam
Albert Simbolon : Pak sy tertarik dengan saran dari bk tentang penggunaan software AFES, boleh minta tutorial nya Pak Albert….?

20 01 2015
brian

salam engineering,
kalo sodara sodara yang punya tutorial AFES,
dengan sungkem sanget,.minta di share he 333
kirim ke design_brian@yahoo.co.id

14 03 2015
Sugi Utomo

ya jika ada biaya ongkos kirim gak masalah sei bos yang penting kita bisa berbagi Ilmunya. semoga Tuhan memberkahi…saya juga mau koq jika softwere nya ada… Mohon di emailkan ke : sugiutomo_dwk@yahoo.co.id

14 03 2015
Sugi Utomo

Mr. Zerakh
—————————————————
http://www.info-software-center.blogspot.com

Websittnya gak bisa di klik lo Mr. tolong Mr. bisa di emailkan ke Email dibawah ini berapa ongkos kirimnya ga papa saya ganti..
Thxs buayak sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

