Merencanaan Pondasi Mesin

6 02 2008

Bekerja di sektor oil & gas memberikan banyak pengalaman baru buat saya, salah satunya adalah merencanakan pondasi mesin compressor (compressor adalah alat yang digunakan untuk mengcompress gas, dari tekanan rendah menjadi tekanan yang lebih tinggi sehingga bisa mengalir secara sendiri ke tempat pengolahan gas misal LNG plant). Pondasi mesin itu istimewanya apa sih pak? Trus apa bedanya dengan pondasi pada bangunan gedung atau pondasi jembatan yang telah diajarkan pas kuliah? Untuk analsisi kekuatan pondasi terhadap beban statis keduanya adalah sama, akan tetapi untuk analisis terhadap beban dinamis terdapat perbedaan. Perbedaannya apa?, Pada pondasi mesin beban dinamis yang bekerja selain beban gempa yang bersifat random juga harus cukup kuat terhadap unbalanced force dari gerakan mesin yang menimbulakan excitation force pada pondasi yang bersifat harmonic. Unbalanced force yang menimbulkan exitation force ujudnya seperti apa ya?. Exitation force ini dapat berupa gaya/moment angkat pada tiga sumbuh utama (sumbu-x, y, dan z). 

Untuk memahami efek dari excitation force ini terhadap pondasi tentunya terlebih dahulu saya akan jelaskan bagaimana mekanisme transfer beban exitation force dari mesin akibat unbalanced force ke pondasi. Akibat putaran mesin baik itu rotating maupun reciprocating akan menimbulkan unbalanced force yang nilainya merupakan fungsi sinusoidal dari waktu yang akan menginduce skid baja dudukan dari engine melalui hubungan baut, kemudian dari skid akan diteruskan ke pondasi melalui anchor bolt seperti gambar dibawah.

drawin1.jpg

Akibat excitation force ini, parameter apasaja yang harus dicheck sehingga pondasi tersebut dikatakan aman? Pondasi selain dicheck terhadap beban statis (check daya dukung tanah dan kekuatan beton), maka beberapa parameter dinamis yang harus dipastikan adalah rasio natural frekuensi putaran mesin terhadap natural frequensi dari blok pondasi harus lebih kecil dari 0.7 dan lebih besar dari 1.2 untuk menghindari terjadi resonansi disamping itu amlitudo displacement harus masih dalam batasan tolerasi yang dikeluarkan oleh manufaktur mesin tersebut. 

Secara umum terdapat empat type pondasi mesin yaitu : 1. block type, 2. Box type, 3. Wall type serta 4. frame type. 

Bersambung…………

About these ads

Aksi

Information

8 responses

1 04 2008
kasoni

gimana kelanjutan nya dari type pondasi mesin …. ? saya tertarik dengan penjelasan tersebut terima kasih …

2 04 2008
badaruddin

Pak Kasoni,

Maaf pak kasoni, saat ini load pekerjaan lagi banyak sehingga belum sempat nulis lagi.. insyaAllah kalau udah longgar ta lanjutkan uploadnya..

terimakasih sudah membaca tulisan saya.

salam
badar

8 04 2008
rahma sari

saya mahasiswi teknik sipil semester 8. Pengen sih bikin skripsi tentang pondasi mesin. Kasih rujukan buku-buku yang bisa dijadikan referensi dong. Makasih…

9 04 2008
badaruddin

beberapa rujukan yang bisa dijadikan referensi untuk perencanaan pondasi mesin adalah :
1. Handbook of Machine Foundations P. Srinivasulu dan C.V. Vaidyanathan..

2. Design of structure and foundation for vibrating machine, by suresh arya, michael o’neil and george pincus.

dibukunya bowles juga ada membahas mengenai hal ini..

salam badar

8 08 2008
KRis

Handbook of Machine Foundations P. Srinivasulu dan C.V. Vaidyanathan

bisa dicari di http://www.4shared.com

11 01 2010
ary kristianto

mohon bantuan nich d sruh bikin design skaligus perhitungan pndasi untuk mesin komproser resiprok. teknik mesin UNDIP smstr akhir.

12 01 2010
ary kristianto

masih belum nemu nich buat tgs mkp pondasi mesin. bingung..browsing di internet bum bnyak dpt referensi buat ngerjain tgs. tolong klo ada yg bs kasih contoh perhitungan mulai dr awal perencanaan perancangan pondasi untuk mesin kompresor.

31 05 2011
wahyu mahendra

Salam mas Badar,
saya Wahyu mahendra dr teknik sipil lulusan 2008
sekarang bekerja di bidang pembangkitan listrik

Yang ingin saya tanyakan:
Di tempat saya bekerja ada suatu masalah pada motor. Menurut bidang pemeliharaan mekanik , motor tersebut mengalami vibrasi yang cukup tinggi saat beroperasi dan sudah dilakukan berbagai usaha pada motor tersebut tetapi belum juga diketemukan penyebabnya. Untuk menyelesaikan masalah tersebut kami di bidang sipil diminta untuk melakukan pengecekan apakah masalah tersebut terletak pada pondasi motornya.

Jadi yang ingin saya tanyakan test apa saja yang perlu dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya permasalahan pada pondasi motor tersebut.

terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: